Sabtu, 11 Agustus 2018

Tip Cara Merawat Kain Songket Agar Awet

Cara Merawat Kain Songket Agar Awet – Kain songket merupakan salah satu jenis kain paling banyak dikenakan untuk berbagai keperluan. Selain batik, songket menjadi kain tradisional yang paling populer di Indonesia. tekstur kainnya yang mudah tercerabut ini membuat anda mesti ekstra hati-hati dalam merawatnya. Sebagian besar jenis kain songket dibuat dengan bahan glitter sehingga memerlukan perawatan khusus. Jika salah dalam mencuci dan menyimpannya, maka kilau bahan akan memudar dan kain menjadi mudah rusak.

Jenis kain tradisional ini memang memiliki harga yang cukup tinggi. Oleh sebab itu diperlukan kesabaran tinggi dalam merawatnya. Sebenarnya proses perawatannya cukup sederhana. Meskipun diperlukan ketelatenan. Yang paling utama adalah bagaimana menjaga agar warna dan serat kainnya tidak cepat pudar sehingga kain awet lebih lama. Berikut ini beberapa ulasan selengkapnya untuk beberapa tips dalam merawat kain songket agar selalu awet.

Berbagai Cara Merawat Kain Songket

1. Langsung dicuci

Setelah kain dipakai sebaiknya segera dicuci agar berbagai bekas kotorannya tidak menempel terlalu lama di permukaan. Cuci atau angin-anginkan kain dengan menghadapkan bagian luar ke dalam dan biarkan bagian dalam yang terkena sinar matahari. Hal ini agar warna dan kilap kainnya tetap terjaga.

2. Cuci tanpa detergen

Cuci dengan cara dibasahi saja. karena penggunaan kain songket biasanya hanya sebentar sehingga tidak sampai kotor sekali. Jangan gunakan mesin cuci karena akan merusak tekstur kain. Basahi dengan air saja atau dengan melakukan teknik mencuci dry clean. Kemudian jemur di daerah yang tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Jangan dilipat
Simpan kain songket dengan cara digantung. Jangan sampai dilipat atau ditumpuk karena akan membentuk bekas lipatan. Bekas lipatan ini akan menyebabkan benang terpisah dan bisa jadi mudah putus. Anda bisa menggulung kain tersebut dengan kardus khusus jika lemari anda tidak memungkinkan untuk menyimpan kain.

4. Jangan disimpan di plastik
Sebaiknya jangan simpan kain songket di plastik terlalu lama. Hal ini akan menimbulkan bekas dan membuat udara disekitarnya lembab. Pada akhirnya anda akan mendapati kain songket menjadi berjamur. Jika ingin melindunginya dari kotoran, cukup gulung ke dalam kardus bekas yang disertakan ketika membelinya dan bungkus lagi dengan kertas minyak.

5. Jangan menyemprot bahan kimia
Jangan gunakan bahan kimia seperti pewangi pakaian, pelicin, atau pengharum. Hal ini akan menyebabkan munculnya noda yang tak bisa hilang. Sebagai alternatifnya, gunakan biji merica untuk menangkal kutu dan jamur. Kemudian letakan ke dalam plastik yang sudah dilubangi dan taruhlah di dekat tempat penyimpnanan songket.

Demikian beberapa cara merawat kain songket agar tetap awet. Semoga bermanfaat dan kain songket anda bisa anda tetap terjaga kualitasnya.

Load disqus comments

0 komentar